,

Penuhi Kebutuhan Benih Nila, Kami Hanya Gunakan Indukan Nila Terpilih

memilih calon indukan ikan nila

“Kalau ada yang dekat kan enak, bisa hemat biaya, tenaga, waktu, bahkan lebih puas untuk memastikan benih ikan nila dalam keadaan sehat dan stoknya tersedia,” kata pembudidaya keramba apung di Sungai Jelai Sukamara. 

Secara teknis, pemijahan ikan nila yang kami lakukan tidak lebih istimewa dari ungkapan rasa puas pembudidaya karena mendapatkan benih nila di BBI Terantang. 

Terlebih, kepuasan kami tumbuh dengan maksimal ketika kami mampu memenuhi kebutuhan pembudidaya ikan nila di Kabupaten Sukamara dan sekitarnya. 

Agar kebutuhan benih nila bisa optimal dan berjalan lancar. Kami memilih dan menggunakan calon induk nila yang siap produksi benih dengan kriteria sebagai berikut:

  1. bobotnya sudah mencapai 400–600 gram,
  2. telah matang gonad, 
  3. tubuhnya tidak cacat, dan
  4. jumlah jantan dan betina adalah 1:3.

Sore hari menjadi waktu yang ideal bagi kami untuk menyeleksi calon indukan nila, kemudian menempatkannya pada sebuah kolam pemijahan. 

Pada pemijahan nila secara alami, feromon, gonadotropin, estrogen dan sebagainya adalah hormon yang berperan penting dalam sistem reproduksi ikan.

Selain berfungsi untuk memproduksi sel telur dan sperma dalam jumlah tertentu dan keadaan matang, hormon juga berperan dalam menentukan tingkah laku seksual setiap individu. 

Misalnya pada calon induk ikan nila betina, nila betina mau memijah jika pejantan sudah menyiapkan rumah untuk kawin sebagai tempat membuahi telur-telur. 

Serta masih banyak lagi perilaku seksual yang istimewa sebagai respon terhadap hormon-hormon yang bekerja dalam sistem reproduksi. 

Demikian pula respon kami yang akan terasa istimewa saat mendapatkan kepercayaan penuh dari pembudidaya nila di Sukamara dan sekitarnya untuk bermitra dengan kami sebagai pemasok benih.

Baca Juga: Memijahkan Lele Secara Alami

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *